oleh

Penuh Kreativitas, BKKBN Sulbar Apresiasi Kadis PPKBP3A

PASANGKAYU, Sulawesiterkini.net – Dalam menigkatkan kapasitas SDM para kader Penyuluh Keluarga Berencana, BKKBN Provinsi Sulbar kembali memberikan penguatan melalui kegiatan Pembinaan dan Fasilitasi Pelaksanaan Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PLBR) pada kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) di Kabupaten Pasangkayu, Kamis (19/03/20).

Kepala Dinas PPKBP3A Pasangkayu, Arhamuddin SE MAP, dalam kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa pihaknya hanya memfasilitasi BKKBN Sulbar dalam mengumpulkan para kader penyuluh untuk pembinaan dan fasilitasi persiapan keluarga remaja ini.

“Ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, sehingga saya berharap ada peningkatan kapasitas SDM dari penyuluh dan kader penyuluh kita”, ucapnya.

Sementara dikesempatan yang sama, Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulbar, Walfaidhin, menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut, masuk dalam bagian tiga tugas pokok BKKBN terkait kependudukan. Yakni, pelayanan Keluarga Berencana dan kontrasepsi dan pembangunan pembangunan keluarga.

“Anak – anak remaja akan diberdayakan di keluarganya masing-masing, sehingga mereka diharapkan memiliki skill untuk menyiapkan kehidupannya yang lebih baik di masa depan”, terangnya.

Ia juga menguraikan, remaja harus melalui beberapa transisi yakni, menyelesaikan pendidikan, menyiapkan diri untuk bekerja, disiapkan untuk berkeluarga dan siap menjadi anggota masyarakat serta mempraktekkan pola hidup sehat.

“Nah untuk melalui transisi ini, kader penyuluh harus dibekali, bagaimana mendidik maupun memberdayakan remaja di keluarganya. Disini kita akan ajari bagaimana mengelola emosinya dan mengelola perencanaan ke depannya”, imbuhnya.

Sebagai perwakilan BKKBN di wilayah Sulbar, Walfaidhin juga memberikan mengapresiasi Kadis PPKBP3A Pasangkayu yang memiliki kreativitas menghidupkan spirit pelayanan keluarga berencana.

“Ini penting. Sebab, isu kependudukan di Sulbar yang kita hadapi adalah masalah stunting dan pernikahan dini
yang masih tinggi”, tandasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *