oleh

BPBD Baubau Semprot Disinfektan 40 Rumah Warga ODP

BAUBAU, Sulawesiterkini.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, hari ini melakukan penyomprotan disinfektan di rumah warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Yakni, orang yang mengalami gejala demam lebih dari 38 derajat celcius atau memiliki riwayat demam/ISPA tanpa pneumonia, serta memiliki riwayat perjalanan ke negara atau daerah yang terjangkit pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala covid-19, Jum’at (10/04/20).

Kepala BPBD Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali, SE.,M.Si mengatakan, sebagai upaya meminimalisir potensi penyebaran covid-19, pihaknya melakukan penyomprotan disinfektan di 40 rumah warga yang berstatus ODP.

“Target 40 rumah ini, berdasarkan data terakhir Dinas kesehatan dan Gugus Tugas COVID-19 Baubau. Tentu ini secara terus menerus dilakukan sampai covid 19 musnah di bumi Wolio yang penuh barakati ini”, ucapnya.

Mantan Camat Wolio ini juga menjelaskan, kegiatan ini turut dibantu oleh para pemuda kelurahan Melai dan Mahasiswa KKN dari Universitas Airlangga, Jurusan Farmasi. Mereka ikut mengedukasi pencegahan covid-19 pada warga berstatus ODP.

Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat dan dunia usaha untuk bahu-membahu dalam memutus mata rantai virus corona.

Sebab, urusan kebencanaan ini tidak hanya diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah, akan tetapi dibutuhkan keterlibatan semua pihak, terutama memberikan edukasi kepada masyarakat, agar ke depan mereka dapat melakukan pencegahan secara mandiri.

“Saya mengajak semua pihak, untuk menumbuhkan kepedulian serta berpartisipasi aktif dalam memutus mata rantai covid-19. Tetap waspada, ikuti imbauan pemerintah dan jangan panik”, pungkasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *