oleh

Ukur Kemampuan Fisik, Prajurit Kodim 1427/Pasangkayu Ikuti Tes Samapta Periodik I

PASANGKAYU, Sulawesiterkini.net – Kurang lebih 80 orang prajurit Kodim 1427/Pasangkayu mengikuti tes Samapta Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) dikpasus dan periodik semester I (Satu) triwulan I (Satu) tahun 2021.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yakni mulai tanggal 24-25 Mei di Makodim 1427/Pasangkayu, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (25/05/21).

Kegiatan tersebut dihadiri, Dandim 1427/Pasangkayu, Letkol Inf Novyaldi SE, Danramil-03/Bambaloka, Kapten Inf Hasan, Pasi Log Dim 1427/Pky, Kapten Inf. Muh. Barki, Danramil 02/Randomayang, Kapten Inf. Ismail, Dan Unit Intel Dim 1427/Pky, Letda Inf. Munajab, Plh Pasi OPS Dim 1427/Pky, Letda Inf. Faisal Jaya dan Pasandi Dim 1427/Pasangkayu, Letda Inf. Yonderson Taawe.

Kemudian Tim pemantau dari Kodam XIV/Hasanuddin yakni, Kajasdam XIV/Hasanuddin, Kolonel Inf. Agus Hari Soewanto dan Tim penyelenggara dari Korem 142/Tatag yang diketuai oleh Pa Jasrem 142/Tatag, Kapten Arh Bahtiar, dengan anggota terdiri dari, Ba Jasrem 142/Tatag, Pelda Mahsyar, Ba Jasrem 142/Tatag, Serka Erwan, Ba Jasrem 142/Tatag, Sertu Dedi dan Ba Jasrem 142/Tatag, Sertu Palemba.

Kajasdam XIV/Hasanuddin, Kolonel Inf Agus Hari Soewanto menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan dan mengukur sejauh mana kemampuan seorang prajurit selama berlatih pembinaan fisik (Binsik) di satuan, guna mendukung tugas pokok TNI AD dalam melaksanakan aktivitas kesehariannya di lapangan sehingga terlaksana dengan baik.

“Tes Kesegaran Jasmani bagi setiap prajurit merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan dan merupakan sebagai syarat yang harus dipenuhi baik dalam latihan program, penilaian UKP, Periodik dan dikpasus maupun seleksi berbagai pendidikan di lingkungan TNI AD”, terang Agus Hari Soewanto.

Lebih jauh ia menuturkan, bagi prajurit yang mengikuti Kesemaptaan harus memperhatikan faktor keamanan, sehingga mencegah terjadinya kecelakaan ketika melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani.

“Para prajurit sebelum melaksanakan Tes Kesegaran A dan B terlebih dahulu melaksanakan Tes kesehatan yakni dicek tensi nadi, pengukuran tinggi dan berat badan oleh tim kesehatan”, jelasnya.

Untuk diketahui, beberapa item yang dinilai dalam tes kesamaptaan jasmani ini yakni tes Samapta A ialah lari 12 menit dan Samapta B terdiri dari Push Up, Sit Up, Pull Up, Lunges, Shuttle Run dan Renang dasar militer.

Kegiatan ini juga melibatkan Tim pendukung sebanyak 16 orang yaitu, Pelda Reski, Serka Ruslan, Sertu Eko Fajar, Serda Edy S, Serda Bejo, Serda Janes Andersen, Serda Muh Asfian, Serda Yayan, Serda Marsuki, Serda M.Yusuf, Serda lwan, Serda Apit Yusni, Serda Haliman, Serda Arif, Pratu Dani Guntara dan Prada Herdin.

Kemudian 3 orang Personil pengamanan yakni, Serda Daud, Serda La Usman dan Kopda Masfarudin.

Selanjutnya 4 orang tim kesehatan dari Puskesmas Pasangkayu ialah, Ruslan, Sunario, Hustiani dan I Nyoman Arsani.

Kegiatan ini berjalan lancar dan mempedomani Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yang telah ditetapkan. (Er)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *