oleh

Usai Upacara Hut Kemerdekaan RI Ke-76, Dandim 1427/Pky Ajak Warga Kobarkan Spirit Persatuan Dan Kesatuan

PASANGKAYU, Sulawesiterkini.net – Sejak diproklamirkannya kemerdekaan Republik Indonesia oleh Ir. Soekarno dan Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 beberapa puluhan tahun lalu. Kini ditanggal dan bulan yang sama tahun 2021, kemerdekaan indonesia telah memasuki usia ke-76.

Euforia peringatan hari kemerdekaan serentak menggema diseluruh tanah air, termasuk di Kabupaten yang berada paling utara dari Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yakni Kabupaten Pasangkayu.

Momentum peringatan hari kemerdekaan Indonesia ditandai dengan upacara pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Pasangkayu, Hj. Alwiati, yang menggetarkan hati seluruh peserta upacara.

Upacara yang berlangsung khidmat ini dipimpin oleh Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa, sebagai Inspektur upacara yang digelar di lapangan kantor Bupati, Selasa (17/08/21).

Kemudian bertindak sebagai Komandan upacara yakni, Danramil 1427-03/Bambaloka, Kapten Inf. Hasan dan sebagai Perwira upacara, AKP Mukhtar M.

Upacara ini dihadiri, Wabup Pasangkayu, Hj. Herny Agus, Dandim 1427/Pky, Letkol Inf. Novyaldi, SE, Kapores Pasangkayu, AKBP Didik Subiyakto, SH, Ketua DPRD, Hj. Alwiaty, Kajari Pasangkayu, Muchsin SH.MH, Kepala Pengadilan, I Gusti Ngurah Agung Aryanta, Sekda, Firman, Kadis Kominfopers, Suri Fitriah dan beberapa pejabat lainnya.

Ketfot : Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa, saat menyerahkan Bendera Merah Putih kepada salah seorang Paskibraka

Walau digelar sesuai standar Protokol Kesehatan (Prokes) dan undangan yang terbatas dikarenakan situasi pandemi Covid-19. Namun kegiatan ini tak mengurangi esensi dari HUT kemerdekaan Indonesia. Semangat nasionalisme serta nilai-nilai kepahlawanan para pejuang kemerdekaan Indonesia tetap berkobar ditiap sanubari masyarakat Pasangkayu.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa, merasa bangga sekaligus memberikan ucapan selamat dan terima kasih kepada Paskibraka yang telah melaksanakan tugasnya mengibarkan bendera merah putih dengan sukses.

Sementara Dandim 1427/Pasangkayu, Letkol Inf. Novyaldi, SE, yang ditemui usai kegiatan mengajak seluruh masyarakat untuk terus membangkitkan semangat nasionalisme dan berjuang bersama-sama membantu pemerintah untuk percepatan penanganan Covid-19.

“Mari kita jadikan momentum peringatan kemerdekaan ini untuk bersama-sama berjuang menghadapi pandemi Covid-19 ini dengan cara membangun kesadaran diri mematuhi dan menerapkan Prokes sebagaimana imabuan pemerintah”, tutur Dandim.

Selain itu, Novyaldi juga mengingatkan masyarakat agar tidak terpengaruh oleh faham-faham/doktrin radikalisme yang sengaja dihembuskan untuk merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Tumbuhkan rasa persaudaraan dan kobarkan spirit persataun dan kesatuan ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat, agar negara kita tenteram dan damai. “Indonesa Maju, Indonesia Tumbuh”, Merdeka!!!!”, ucap Dandim memberi semangat diakhir percakapan. (Er)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *