oleh

Ini Tanggapan Salah Satu Mahasiswa UT Usai Ikuti OSMB Dan PKBJJ

PASANGKAYU, Sulawesiterkini.net – Universitas Terbuka (UT) melaksanakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ).

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari yakni dari tanggal 29 sampai 30 September, di aula salah satu hotel yang ada di kota Pasangkayu.

Manager registrasi dan Ujian UT, Syamsuddin mengatakan, peserta yang ikut orientasi ini sebanyak 67 orang dari 80 orang yang telah membayar SPP.

Orientasi yang diberikan kepada Mahasiswa Baru (Maba) itu berbeda dengan yang biasa dilakukan oleh universitas lain saat hari pertama masuk kampus. Di UT, Maba hanya diberikan bagaimana tata cara mengikuti pembelajaran secara online, tutorial webiner, tutorial tatap muka dan tugas mata kuliah.

“Dalam satu tahun itu kita ada dua gelombang. Gelombang pertama dari Januari – Juni dan gelombang ke dua Juli- Agustus. Untuk pendaftaran gelombang kedua ini berkurang karena hanya 67 orang, sementara gelombang pertama itu mencapai 130 orang,” terang Syamsuddin, Kamis (30/09/21).

Untuk memberikan mata kuliah ke Mahasiswanya itu dilakukan dua kali dalam seminggu. Selain itu, mahasiswa juga diberikan buku modul yang akan dijawab apabila ada tugas diberikan dosen pengajar.

Sementara salah satu dari 67 Mahasiswa yang dimintai tanggapannya, Riska Ismail, mengaku UT sebagai tempat kuliah yang membuatnya bisa mengatur waktu untuk mencari kerja.

“Kan satu minggu hanya dua kali pertemuan untuk menerima mata kuliah, jadi hari lainnya dapat digunakan untuk bekerja. Saya memilih jurusan ilmu pemerintahan di Fisip,” tutur Riska.

Riska mengaku sudah menganggur dari tahun 2017 dan baru sempat melanjutkan studi di UT. Ia berharap bisa selesai dengan nilai memuaskan dalam kurun waktu kurang dari empat tahun duduk di bangku kuliah.

“Saya melanjutkan studi karena tuntutan zaman juga. Dimana kalau kita tamatan SMA saja peluang kerjanya sangat susah, selain itu untuk menambah pengetahuan juga dari pada tinggal di rumah, ya lebih baik ikut kuliah di UT ini,” pungkasnya. (As/Er)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *