oleh

Tiga Anak Perusahaan PT. AAL Gelar Training Komite Sekolah Secara Virtual

PASANGKAYU, Sulawesiterkini.net – Tiga anak usaha PT. Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Grup Areal Celebes yang bergerak di perkebunan kelapa sawit yakni, PT. Pasangkayu, PT Mamuang dan PT Tanjung Sarana Lestari (TSL) menggelar training Komite Sekolah binaannya.

Training komite ini digelar secara virtual (online) yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pasangkayu, H.  Abidin bersama Camat Pasangkayu, Hasbi.

Koordinator Pendidikan PT. Pasangkayu, PT. Mamuang dan PT. TSL, Kartina mengatakan, training komite ini diikuti 28 sekolah binaan PT. Pasangkayu, PT Mamuang dan PT TSL dengan jumlah peserta 85 orang dari masing-masing Ketua Komite, Kepala Sekolah dan Guru selama dua hari yakni mulai tanggal 8-9 Februari 2022 (Selasa-Rabu).

“Kegiatan training komite pada tiga anak perusahaan Astra Agro ini dilaksanakan secara zoom atau online karena masih dalam situasi pandemi Covid-19,” kata Kartina di Pasangkayu, Kamis (10/02/22).

Menurutnya, pelatihan itu merupakan salah satu program Astra Cerdas dari Departemen Education and Social Engagement dalam rangka optimalisasi peran komite sekolah pada masing-masing satuan pendidikan (Sekolah).

“Peran komite di sekolah sangat penting dan merupakan lembaga mandiri yang beranggotakan orang tua (Wali) peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan,” ujar Kartina.

Ia menuturkan, tugas komite sekolah sendiri memberi pertimbangan, penentuan, dan pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam satuan pendidikan, seperti kebijakan program sekolah, pertimbangan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS), kriteria kinerja sekolah serta kriteria fasilitas sekolah.

Selain itu sambungnya, termasuk penghalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat, mengawasi pelayanan pendidikan, menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, aspirasi dari peserta didik, Wali dan masyarakat serta pengamatan Komite Sekolah atas kinerja sekolah.

Kartina juga mengungkapkan, tujuan kegiatan ini ialah untuk memajukan pendidikan di sekolah internal maupun eksternal perusahaan serta memberi gambaran terhadap sekolah dalam memberikan layanan ditengah pandemi Covid-19.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat membentuk program pendidikan yang bersinergi antara sekolah dengan komite (orang tua) sebagai upaya dalam membangun layanan pendidikan yang bermutu dan berkualitas,” pungkasnya. (Er)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *