oleh

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dua Anak Perusahaan PT. AAL Gelar Training Kepsek, Guru Dan Komite

PASANGKAYU, Sulawesiterkini.net – Kontribusi PT. Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Grup Areal Celebes dibidang pendidikan, patut diacungi jempol.

Meski masih dimasa pandemi Covid-19, PT. AAL tetap menunjukkan komitmennya dalam memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di dua kabupaten wilayah kerja operasional anak perusahaannya.

Baru-baru ini, melalui dua anak perusahaannya, yakni PT. Suryaraya Lestari 1 (SRL1) yang beroperasi di Kabupaten Pasangkayu dan PT Suryaraya Lestari 2 (SRL2) beroperasi di Kabupaten Mamuju Tengah, berkolaborasi menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang pendidikan.

Program Terpadu Pendidikan Masyarakat (PTPM) dikemas dalam ‘Astra Cerdas’ ini kembali dilaksanakan PT. SRL 1 dan 2. Seperti tahun-tahun sebelumnya, konsistensi kedua anak perusahaan Astra Agro tak henti-hentinya memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan bagi sekolah di desa binaannya melalui kegiatan training kepala sekolah, guru, dan komite sekolah.

Meski melalui webinar (online), sebanyak 34 sekolah diikuti 102 peserta yang terdiri para kepala sekolah, guru, dan komite sekolah dari masing-masing sekolah binaan PT. SRL 1 dan 2, sangat antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung selama dua hari, yakni mulai tanggal 15-16 Februari 2022.

Sebanyak 17 sekolah dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMU/SMK di 7 desa dari Kecamatan Sarudu, Dapurang, Duripoku Kabupaten Pasangkayu sebagai peserta training.

Demikian halnya di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah, sebanyak 17 sekolah dari jenjang SD, SMP, dan SMA di 8 desa dari Kecamatan Budong-Budong, Tobadak dan Topoyo turut berpartisipasi sebagai peserta training yang diselenggarakan PT. SRL 1 dan PT. SRL 2.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Pasangkayu, Abidin, dalam sambutannya mengatakan, pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pasangkayu dalam hal ini melalui Dispora memberikan apresiasi kepada PT. Surya Raya Lestari 1 dan 2 yang menyelenggarakan kegiatan virtual training kepala sekolah, guru, dan komite sekolah.

“Ini sebagai bentuk sinergitas dan kolaborasi antara perusahaan dan Dinas Pendidikan untuk maju dan bergerak bersama-sama dalam mewujudkan kualitas pendidikan yang bermutu,” kata Abidin.

Dirinya selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasangkayu mengucapkan terima kasih kepada PT. Surya Raya Lestari 1 dan 2 karena turut andil dalam pengembangan pendidikan di wilayah Kabupaten Pasangkayu sebagai bentuk konkrit dilakukannya kegiatan training ini.

“Semoga ini menjadi stimulus untuk kita semua dalam bergerak maju mewujudkan sekolah penggerak, sehingga mencapai kualitas pendidikan yang kita harapkan bersama,” ucap Abidin.

Senada, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mamuju Tengah, Busdir, mengucapkan terima kasih kepada PT. Surya Raya Letari 1 dan 2 atas dilakukannya kegiatan virtual training kepala sekolah, guru dan komite sekolah yang melibatkan beberapa sekolah di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah.

“Terimkasih atas perhatian perusahaan disemua jenjang sekolah, mulai dari TK, SD, SMP, sampai SMA dan SMK untuk membantu mewujudkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang pendidikan di Kabupaten Mamuju Tengah, sehingga nantinya kita berharap lahirnya generasi yang memiliki daya saing dan berkualitas”, tuturnya.

Kegiatan training dibuka langsung Sementara ADM PT. Surya Raya Lestari 1 dan 2, M Tugira, saat membuka kegiatan training menyampaikan keberadaan PT SRL 1 dan 2 di tengah-tengah lingkungan masyarakat di Kabupaten Pasangkayu dan Mamuju Tengah, telah berkomitmen memberi kontribusi terhadap kemajuan daerah melalui program-program CSR yang dijalankan perusahaan.

“Salah satu diantaranya adalah program dibidang pendidikan seperti kegiatan training ini. Semoga program CSR dapat dirasakan manfa’atnya oleh masyarakat sekitar,” ujar Tugiran.

Ia juga berharap melalui kegiatan training ini, anak-anak tidak ketinggalan dalam pendidikan. Meskipun masih dalam kondisi pandemi, pihak manajemen tetap bersinergi dengan pemerintah untuk pengembangan pendidikan.

Sementara pelaksana kegiatan sekaligus Asisten CSR PT SRL 1 dan 2, Andi Ibrahim menjelaskan, kegiatan training kepala sekolah, guru, dan komite sekolah yang diselenggarakan ini merupakan program rutin tahunan sebagai bentuk kontribusi perusahaan melalui program CSR-nya.

“Ini sebagai implementasi PTPM bagian dari 4 pilar public contribution yaitu Astra Cerdas yang dijalankan. Alhamdulillah, pelaksanaan training tahun ini dapat dilaksanakan, meskipun masih secara daring. Namun, bukan merupakan hambatan untuk mewujudkan upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah binaan PT SRL 1 dan 2,” pungkasnya. (Er)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *