oleh

Upaya Maksimalkan Pendampingan Keluarga Beresiko Stunting, Dinas P2KBP3A Lakukan Pembinaan Kader KB

Advetorial//PASANGKAYU, Sulawesiterkini.net – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) kabupaten Pasangkayu gelar kegiatan pembinaan kader KB.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Penyuluh kecamatan Lariang, kabupaten Pasangkayu, Jum’at (23/02/24).

Materi pembinaan langsung diberikan oleh Kadis P2KBP3A Pasangkayu, Suri Fitriah, S.sos, M.Si, didampingi Kepala Bidang (Kabid) KB, Siti Husniati, SE dan Pengawas Kader, Fitriah Azis.

Nampak para kader KB antusias mendengarkan arahan dari Kadis P2KBP3A Pasangkayu sekaligus melakukan tanya jawab terkait kendala yang dihadapi di lapangan untuk percepatan penurinan stunting.

Kadis P2KBP3A Pasangkayu, Suri Fitriah, dalam arahannya menekankan kepada Kader KB untuk meningkatkan potensi diri, terampil dan cerdas, sehingga diharapkan mampu melakukan pendampingan terhadap pelaksanaan program KB di wilayah masing-masing.

“Lakukan koordinasi intens dan terus bersinergi dengan kader Posyandu, terhadap penanganan perkembangan stunting maupun pemberian makanan tambahan bagi keluarga beresiko stunting,” ujarnya.

Lanjut Ria sapaan akrab Suri Fitriah, Kader KB merupakan duta atau garda terdepan yang akan mendukung program Bangga Kencana, sehingga dapat berjalan maksimal.

Selain itu lanjut Ria, sebagai duta informasi, Kader KB juga harus mampu melihat potensi dan peluang usaha di wilayahnya sekaligus mendorong ibu-ibu memanfa’atkan potensi tersebut.

“Rubah pola pendampingan agar masyarakat terutama keluarga beresiko stunting dapat memahami dengan baik tujuan program yang ingin dituntaskan,” tuturnya.

Tak hanya itu, ia juga mengajak para kader mensuskseskan program 4+1, salah satunya ialah pencegahan pernikahan usia anak.

“Lakukan sharing maupun koordinasi dengan intens antar sesama kader, sehingga diharapkan menjadi bahan untuk mendsotkan pola pendampingan yang nyaman bagi keluarga beresiko stunting,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sharing antar kader KB dengan pihak dinas P2KBP3A, terkait kendala sekaligus mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi di lapangan. (Erwin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *