oleh

Vicon Dengan Pangdam XIV/Hsn Terkait Ketahanan Pangan, Dandim 1427/Pasangkayu Juga Lakukan Panen Jagung

PASANGKAYU, Sulawesiterkini.net – Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, SIP, saksikan secara virtual/Vidio Converance (Vicon) panen jagung secara serentak diseluruh jajaran Kodim.

Vicon tersebut juga diikuti oleh Kodim 1427/Pasangkayu dipimpin langsung oleh Dandim 1427/Pasangkayu, Letkol Czi Dony Siswano, didampingi Danramil 1427-02/Bambalamotu, Letda Inf Bahar Talatta, Kapolsek Bambalamotu, Iptu Yauri, Kepala Desa Randomayang, Masjidin, Persit, Kelompok Tani dan Masyarakat setempat.

Vicon dan panen jagung yang dilakukan Kodim 1427/Pasangkayu dan Kelompok Tani dilaksanakan di dusun Matoajaya, desa Randomayang, kecamatan Bambalamotu, kabupaten Pasangkayu, Kamis (18/04/24).

Vicon yang dilakukan Pangdam XIV/Hasanuddin tersebut bertujuan untuk memastikan sekaligus mendukung peningkatan ketahanan pangan disetiap wilayah jajarannya.

Dikesempatan itu, Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, SIP, mengungkapkan bahwa Peraturan Pemerintah No.68 tahun 2002 tentang ketahanan pangan, pangan merupakan komuditas penting dan strategis bagi bangsa indonesia, mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama.

“Progaram pemerintah pusat maupun daerah dalam hal ketahanan pangan nasional yang terus menerus dikerjakan oleh kementerian terkait serta dibantu oleh TNI-AD agar tercipata ketersediaan pangam demi memenuhi kebutuhan komsumsi yang terus menerus berkembang dari waktu ke waktu,” terang Pangdam.

Lebih lanjut dipaparkan, ketahanan pangan merupakan program unggulan KASAD yang bekerja sama dengan pemerintah pusat dan dilaksanakan jajaran satuan Kodam diseluruh wilayah indonesia, agar dioptimalkan produksi hasil panen berupa padi, jagung, palawija dan lainnya yang berada khususnya di wilayah kerja Kodam XIV/Hasanuddin.

Pangdam berharap jajaran satuan Kodim bekerjasama dengan pemerintah daerah, Kelompok Tani dan masyarakat, khususnya di wilayah kerja masing-masing untuk selalu mendampingi petani agar tercipta ketersedian komuditas hasil ketahanan pangan yang memadai dan mencukupi di daerah.

“Saya harapkan program ini terus berjalan dan tidak hanya sebagai simbol, kedepan saya akan mengecek dan mengirim tim dari kodam untuk mengecek hasil ketahan pangan disetiap jajara Kodim,” ujar Pangdam menegaskan.

Sementara ditemui terpisah, Dandim 1427/Pasangkayu, Letkol Czi Dony Siswanto, menuturkan bahwa sejauh ini pihaknya melalui Personel disetiap Koramil terus melakukan pendampingan dan membantu kelompok tani dalam upaya meningkatkan produksi pertanian.

“Selain itu kami juga terus mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong maupun pekarangan rumah untuk ditanami berbagai jenis sayuran dan tanaman lainnya untuk kebutuhan pokok,” jelas Dandim singkat. (Erwin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *