oleh

Wujudkan Keluarga Kecil Berkualitas, Dinas P2KBP3A Intens Lakukan Pembinaan Pokja Kampung KB

PASANGKAYU, Sulawesiterkini.net – Upaya meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat serta mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas, Dinas P2KBP3A kabupaten Pasangkayu terus melakukan pembinaan diseluruh Kecamatan melalui Musyawarah Pokja Kampung KB.

Kegiatan yang digelar di Dusun Limua, Desa Dapurang, Kecamatan Dapurang ini yakni untuk menyaring usulan, rencana, pelaksanaan sekaligus mengevaluasi secara periodik dan berjenjang guna mengetahui perkembangan program yang telah direncanakan di Kampung KB.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kadis P2KBP3A Kabupaten Pasangkayu, Suri Fitriah, yang juga dihadiri Danramil 1427-03/Baras, Kapten Inf. Hasan, Ketua BPD Dapurang, Darlia, Kades Dapurang, Hasan, Babinsa Koramil1427-03/Baras, Serda Pasong dan para Kepala Dusun, Senin (29/11/21).

Dikesempatan tersebut, Suri Fitriah, menyampaikan bahwa program pembangunan keluarga melalui penarapan 8 fungsi keluarga adalah upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan melibatkan Pemdes dan seluruh masyarakat, agar tercipta keluarga kecil yang berkualitas.

Sambungnya, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sehingga tidak menjadikan bantuan dari pemerintah sebagai tujuan akhir. Masyarakat diharapkan dapat mandiri sehingga dapat berkontribusi positif terhadap pembangunan.

Ketfot : Suasana saat Musyawarah Pokja Kampung KB

“Edukasi dan ajak masyarakat agar mau memanfaatkan pekarangan atau lahan tidur yang selama ini dibiarkan terbengkalai dengan menanam tanaman yang dapat membantu pemenuhan gizi keluarga, sekaligus membantu kebutuhan ekonomi dimasa pandemi Covid-19”, ucap Suri Fitriah.

Selain itu, Suri Fitriah, juga mengajak seluruh yang hadir untuk mengedukasi masyarakat dengan merubah sikap, prilaku dan cara berfikir (mindset) mereka ke arah yang lebih baik untuk bersama-sama membangun lingkungannya, sehingga kampung yang tertinggal atau terbelakang dapat sejajar dengan kampung-kampung lainnya.

“Peran aktif dan sinergitas Pemdes dan para tokoh di masyarakat sangatlah penting dalam membangun kesadaran warga untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas yang diharapkan dapat berjalan secara berkesinambungan”, ujarnya.

Sementara dikesempatan yang sama, Danramil 1427-03/Baras, Kapten Inf. Hasan, menuturkan bahwa untuk menjadikan Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat bukanlah sesuatu yang mustahil.

Menurutnya, untuk mewujudkan harapan tersebut tidak cukup hanya dengan membuat kesepakatan atau komitmen di atas kertas, namun perlu ketekunan, kesabaran, kebersamaan serta kerja keras yang diaplikasikan dalam wujud nyata.

“Kita semua berharap kampung KB ini dapat menjadi miniatur atau potret dari sebuah desa yang di dalamnya terdapat keterpaduan dari program pembangunan Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga yang disinergikan dengan program pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis”, pungkas Kapten Hasan. (Er)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *