oleh

Babinsa Serka Abdul Halim Hadiri Bimtek Pengembangan Potensi Perikanan Di Aula Kantor Desa Gunung Sari

PASANGKAYU, Sulawesiterkini.net – Babinsa koramil 1427-01/Pasangkayu Serka Abdul Halim, menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) pengembangan potensi perikanan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di aula kantor Desa Gunung Sari, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Selasa (28/12/21).

Kegiatan tersebut dipandu oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pasangkayu, Sarwo Edi dan Pengawas Perikanan Pasangkayu, Alamsyah, didampingi Kades Gunung Sari, Inyoman Sukaryawan, Ketua BPD, Edi.

Sebagai pemateri dikegiatan itu, Sekertaris Dinas Perikanan Pasangkayu, Sarwo Edi, dihadapan sejumlah kelompok tani menjelaskan metode pembibitan, pemberian pakan hingga pemasarannya.

Ia juga memaparkan perihal bantuan yang dapat dimanfaatkan oleh kelompok tani ialah dari Dinas Kelautan dan Perikanan, kemudian CSR perusahaan antaranya dari PT. Pasangkayu yang berada di ring 1 Desa Gunung Sari.

Selain itu, Sarwo Edi, juga menguraikan beberapa faktor penyakit ikan anataranya perkawinan gen yang tidak berbobot dapat mempengaruhi lambatnya perkembangan, faktor makanan yang tidak stabil dapat menimbulkan penyakit yang mudah mematikan ikan dengan sangat cepat dan kutu ikan yang berada pada tubuh bibit ikan.

Menurutnya, cara pencegahan beberapa kendala di atas ialah melakukan pergantian air secara berkala dan pisahkan ikan yang sakit dan sehat di air yang baru/bersih, mengkarantina ikan yang baru sebelum dimasukkan ke kolam, perhatikan PH air serta memberikan suplemen dan vitamin pada bibit ikan.

“Kami berharap dari materi yang telah dipaparkan tadi dapat diaplikasikan sebaik-baiknya oleh bapak/ibu, agar usaha budidaya ikan dapat berjalan dan berkembang sesuai yang diharapkan”, tuturnya.

Sementara usai kegiatan, Babinsa Serka Abdul Halim, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai sesuai aturan Protokol Kesehatan (Protkes) covid-19.

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar dan aman. Semoga dengan bimbingan metode budidaya ikan yang diberikan oleh pihak Dinas Perikanan, dapat menambah pengetahuan masyarakat untuk pengembangan usahanya”, tutupnya. (Er)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *