oleh

Wabub Pasangkayu Dukung Perusda Terkait Terobosan Pemanfa’atan Minyak Jelantah

Advetorial//PASANGKAYU, Sulawesiterkini.net – Perusahaan Daerah (Perusda) Kabupaten Pasangkayu menggelar sosialisasi terkait pemanfa’atan minyak Jelantah di hotel Mutiara, Kelurahan Pasangkayu, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Kamis (20/01/22).

Giat yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pasangkayu, DR Hj Herny, S.Sos M.Si, dihadiri Direktur Utama Perusda Pasangkayu, Andi Tahmid, Wakil Ketua I DPRD Pasangkayu, Irpandi Yaumil, Kadis Koperindag, Dasteri, Kadis PMD Pasangkayu, Drs. Irfan Rusli Sadek, Sekertaris PKK Kabupaten Pasangkayu, Nur Ainy, Camat, Kepala Desa dan ibu-ibu TP PKK.

Direktur Utama Perusda Pasangkayu, Andi Tahmid, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam mensukseskan agendanya kali ini, Perusda Pasangkayu menggandeng Tim Pengerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) untuk melakukan kerjasama bisnis yang dapat menjangkau sampai ke tingkat desa.

“Kami yakin bahwa instrumen dari TP PKK sangat lengkap dan tersedia sampai ke level Dusun. Olehnya itu, kami merasa akan sangat efektif jika bisnis ini dikembangkan melalui kerjasama dengan ibu-ibu PKK”, terang Andi Tahmid.

Ketfot : Direktur Utama Perusda Pasangkayu, Andi Tahmid, saat memberikan sambutan

Dijelaskannya bahwa pengolahan minyak jelantah merupakan terobosan untuk membangun maindset baru bahwa limbah-limbah yang selama ini dibuang, tidak dimanfa’atkan bahkan menjadi penyakit dan merusak lingkungan, diharapkan bisa diolah dengan baik.

“Sejauh ini kami telah berdiskusi dengan pihak investor dan berencana membangun pabrik pengolahan biodisel yang juga akan memberikan ruang bisnis dan tenaga kerja baru”, tuturnya.

Lanjut Andi Tahmid, bahwa dalam kurun waktu sekitar enam bulan selama ia memimpin, Perusda Pasangkayu terus bergerak dan berinovasi. Sejauh ini ada beberapa segmen usaha yang sementara berjalan dan mudah-mudahan agenda ini menjadi titik awal dan memontum untuk pengembangan usaha dan berjalannya usaha-usaha lain.

Ia berharap seluruh stakeholder dapat mensupport agenda-egenda Perusda, baik yang sementara berjalan maupun yang akan diagendakan ke depan.

“Target kami tahun ini ada beberapa usaha yang bisa bergerak, mudah-mudahan jelantah ini salah satu usaha yang bisa berkembang seperti yang diharapkan”, harapnya.

Dikesempatan yang sama, Kadis PMD Pasangkayu, Irfan Rusli Sadek, mengapresiasi agenda-agenda Perusda Pasangkayu dan mengakui kejeliannya melirik siapa yang bisa diajak kerjasama untuk pengembangan usaha jelantah ke depan.

Ketfot : Suasana saat sosialisasi agenda yang akan dilakukan Perusda

“Dalam agenda ini, sangat tepat Persuda memilih TP PKK karena memiliki jaringan sampai ke tingkat bawah yakni Dusun sampai RT”, kata Irfan.

Sementara Wakil Ketua 1 DPRD Pasangkayu, Irpandi Yaumil, menegaskan bahwa lembaga DPRD siap mendukung upaya-upaya Perusda melalui programnya dalam mendorong peningkatan PAD.

“Tentu saja DPRD akan mendukung setiap program yang dapat mendorong peningkatan PAD”, ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Pasangkayu, Hj. Herny Agus, bahwa Pemkab juga mengapresiasi dan mendukung berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan Perusda sebagai salah satu pendorong peningkatan PAD serta menciptakan peluang lapangan pekerjaan baru.

Ia juga berharap ibu-ibu PKK dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk terus kreatif dalam bidang usaha yang akan menjadi salah penunjang ekonomi keluarga, termasuk pemanfa’atan pekarangan rumah.

“Ibu-ibu jangan berpangku tangan, diera saat ini harus kreatif melihat peluang-peluang usaha untuk menopang kebutuhan ekonomi keluarga”, tutupnya. (Er)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *